Kenali Ciri Ciri Menstruasi Kurang Sehat Pada Wanita

Kenali Ciri Ciri Menstruasi Kurang Sehat Pada Wanita – SAHABAT Gondit – Mungkin anda semuanya lagi menunggu artikel dari gondit lagi, karena beberapa hari ini Gondit.com lagi tidak nongol di internet alias OFFLINE karena ada suatu tuntutan kerjaan di luar bidang internet, jadi beberapa hari belakangan ini gondit tidak sempet untuk menulis atau menjamu pengunjung dengan artikel terbaru. Sebelumnya kami sebagai admin situs ini minta maaf yang sebesar-besarnya di beberapa hari belakangan. Nah dari itu kini website tutorial tentang Aneka Kuliner, Kesehatan, Tips Sex, Resep Masakan dan Cara Bikin Kue maupun Resep Minuman kini aktif kembali seperti sediakala. Langsung saja ke pokok pembahasan tentang Mengenali Ciri-Ciri Tidak Sehat Pada Wanita Saat Menstruasi, di bawah ini akan kami bahas sampai tuntas. YUK MARI KITA SIMAK?

menstruasi-tidak-sehatMenstruasi merupakan proses alami yang terjadi pada wanita. Akan tetapi, tak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang sehat seperti pada umumnya yang kerap di alami wanita tiap bulannya.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Yassin Yanuar MIB mengungkapkan, menstruasi yang normal akan terjadi secara teratur antara 21-35 hari sekali. “Jika mesntruasi 40 hari sekali, atau ada juga yang sampai tiga bulan sekali baru menstruasi, itu tanda ada gangguan ovulasi,” terang Yanuar dalam diskusi media di Jakarta, Selasa (19/1/1016).

Dilihat dari durasinya, menstruasi yang sehat akan terjadi 3-7 hari atau rata-rata selama lima hari. Hal ini berkaitan dengan jumlah darah menstruasi yang dikeluarkan. Normalnya sekitar 80 cc darah per hari. Yassin menjelaskan, dalam satu pembalut yang digunakan wanita biasanya bisa menampung 15-20 cc darah. “Nah, dihitung berapa kali ganti pembalut dalam sehari. Biasanya, maksimal empat pembalut dalam sehari. Jika teralu sedikit, atau terlalu banyak darah yang keluar, mungkin ada sesuatu,” ungkap Yassin.

Kemudian, ciri-ciri menstruasi yang sehat lainnya, yaitu tidak disertai nyeri secara berlebihan. Jika setiap kali selalu terjadi nyeri hebat, bisa jadi tanda adanya kista. Dalam penelitian yang pernah dilakukan tim dari Universitas Indonesia, darah haid wanita yang menderita kista atau endometriosis ternyata mengandung serabut saraf. Serabut saraf itulah yang menyebabkan rasa nyeri saat menstruasi.

Yassin menambahkan, siklus menstruasi yang bermasalah bisa menjadi tanda tidak sehatnya sistem reproduksi wanita. Hal ini pun bisa membuat wanita berisiko mengalami infertilitas atau ketidaksuburan atau mandul.

Untuk itu, jika mengalami ciri-ciri menstruasi yang tidak sehat, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Baca Juga Postingan tentang Fakta Unik Seputar Vagina

Nah dari tutorial yang sedikit kami bagikan ini, semoga dapat bermanfaat bagi kaum wanita khususnya yang lagi mendapatkan bulanan, supaya bisa mengenali menstruasinya apakah sehat ataupun sebaliknya. 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Kritik & Saran Anda Yang Kami Butuhkan.
Silahkan Berkomentar Dengan Bijak Sesuai Topik Pembahasan
Janganlah Berkomentar Menyertakan Link Aktif atau Tindakan SPAMER.
Terima Kasih atas Partisipasinya

Ikuti Kami Terus di Facebook - Twitter - GPlus

Designed by Free Wordpress Themes and Sponsored by Curry and Spice
Shares